TNI

Danrem 043/Gatam : TNI/Polri, Siap Bersinergi Wujudkan Peningkatan Produktivitas Pertanian Masyarakat.

JurnalKota.net-Lampung – Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., menghadiri acara dialog dan silaturahmi bersama Kepala Bapanas RI H. Arief Prasetyo Adi, S.T., M.T., dan Deputi Pemasaran Bulog RI, I Gusti Ketut Astawa. Sabtu (6/1/2024).

Dialog dan silaturahmi bersama Kepala Bapanas RI dan Deputi Pemasaran Bulog RI dalam rangka mewujudkan Program Mix Corporate Farming, berlangsung di kediaman Camat Tumijajar Tiyuh Karta RK.07 Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kepala Bapanas RI H. Arief Prasetyo Adi, S.T., M.T., mengajak seluruh peserta forum silaturahmi untuk sharing, bagaimana memindahkan perekonomian pertanian di Thailand, Vietnam dan Brazil ke Indonesia, dengan kata lain sistem pertanian yang sudah maju, modern dan hasil panen maksimal kita bawa dan contoh, serta diterapkan di negara kita.

” Kita harus mempunyai bahan-bahan strategis sembako yakni beras, jagung, kedelai, ayam, telur, gula, bahan konsumsi itu semua harus ada, sehingga perumusan kalkulasi dari produksi dan konsumsi bisa balance, Negara kita Indonesia sudah membuat 61 waduk dan ribuan embung dimana-mana, ” jelasnya.

Selanjutnya Kepala Bapanas RI menegaskan, ” Para petani dan peternak, silahkan berproduksi nanti BUMN bidang pangan ditugaskan untuk menyerap hasil panen, karena baru 2 hari yang lalu, Menteri Keuangan menyetujui 28,7 triliun dipakai untuk menyerap produksi dari petani dan peternak, ada 12 komoditas yang menjadi konsentrasi kita semua, ”

” Bulog akan menyerap hasil pertanian dan peternakan para petani, sehingga akan dibeli dengan harga bagus, ada 2 skema yang dilaksanakan oleh Bulog, yakni skema satu untuk Safety Net supaya harga tidak jatuh karena panen raya dengan harga di atas biaya pokok produksi dan yang satu lagi adalah skema komersial jadi untuk trending biasa, ” pungkasnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., berharap dengan diadakannya dialog dan silaturahmi bersama Kepala Bapanas RI dan Deputi Pemasaran Bulog RI, dapat mencarikan solusi dalam mengatasi persoalan-persoalan yang sedang di hadapi saat ini, terutama dalam hal pemasaran hasil pertanian.

” Kehadiran Bapa Nas dan Bulog RI dalam kegiatan ini, menggambarkan komitmen pemerintah pusat dalam mendukung upaya pengembangan sektor pertanian di daerah, kami TNI dan Polri siap bersinergi mewujudkan sekaligus meningkatan produktivitas pertanian masyarakat kita, ” tutur Danrem.

Turut hadir mengikuti kegiatan tersebut Pj. Bupati Tulang Bawang Barat Drs. M. Firsada, M.Si, Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Kepala BPP Provinsi Lampung, Dandim 0412/LU, Kapolres Tulang Bawang Barat, Ketua Umum Gerakan Satmakura, Direktur PT. Pura Indonesia, Direktur PT. Padi Indonesia, Peneliti dan Pengembang Teknologi Pupuk Organik Unila, dan tamu undangan lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan