TNI

Hijaukan Lampung, Korem 043/Gatam Tanam 6300 Batang Pohon

JurnalKota.net-Lampung – Korem 043/Gatam beserta Jajaran melaksanakan penanaman pohon secara serentak yang dilaksanakan dan dipusatkan di tempat wisata Way Belerang Simpur Desa Kecapi Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Senin (15/1/2024)

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari instruksi Bapak Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., agar seluruh satuan Jajaran TNI AD, melaksanakan Penanaman Pohon di seluruh Wilayah masing-masing.

Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., menyampaikan pelaksanaan penanaman pohon secara serentak ini merupakan program Komando Atas dalam mensinergikan rasa cinta dan kepedulian TNI terhadap lingkungan.

“ Kita menyadari bahwa hutan berperan sebagai penyangga kehidupan dan sekaligus juga sebagai penyedia hasil hutan berupa kayu, kebutuhan pangan penghasil oksigen, sarana rekreasi dan konservasi keanekaragaman hayati, “

“ Saat ini, kita semua dihadapkan pada kenyataan bahwa lingkungan hidup telah rusak, pencemaran udara, mengakibatkan langit diatas kita kurang cerah karena penuh dengan gas polusi, sementara itu, lahan di sekitar kita sering terlihat gersang, dan hutan banyak yang rusak, akibatnya di saat musim penghujan kita mengalami bencana banjir, “ terangnya.

Selanjutnya Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., menegaskan, selaku Komando Teritorial di wilayah Provinsi Lampung, memiliki tanggung jawab atas kelestarian hutan.

“ Hari ini, kami secara serentak bersama pemerintah daerah serta pihak terkait lainnya, melaksanakan penanaman pohon, yang dilaksanakan di seluruh wilayah Kodim-Kodim Jajaran Korem 043/Gatam dengan target penanaman 6300 batang pohon, diantaranya pohon durian, sengon, cemara, alpukat, pinang, jengkol, mangga, akasia, mahoni dan nangka, dengan tujuan mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup dan mengurangi dampak pencemaran. “ pungkasnya.

Selain dilaksanakan penanaman pohon secara serentak, juga dilaksanakan pemberian sembako dan bibit pohon kepada masyarakat Desa Kecapi Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.

Tampak hadir mengikuti kegiatan tersebut, Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Enjang, S.I.P., M.Han, Para Kasi Kasrem 043/Gatam, Irwasda Polda Lampung, Dirpolair Polda Lampung, Dirbinmas Polda Lampung, Dandim 0421/LS, Kapolres Lamsel, Dan/Ka Satdisjan Jajaran Korem 043/Gatam, Wadanyonif 143/TWEJ, perwakilan Lanud PM Bunyamin, perwakilan Brigif 4 Marinir/BS, Perwakilan Polhut Provinsi Lampung, Asisten Ekobang Lamsel, perwakilan Kajari Lamsel, anggota DPRD Lamsel, dan tamu undangan lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan