TNI

Desa Talang Batu Mesuji Timur Banjir, Prajurit Kodim 0426/TB Siaga Bantu Warga

JurnalKota.net-Lampung – Memasuki musim penghujan kali ini, Kodim 0426/Tulang Bawang menyiagakan 100 personil dan tiga unit kendaraan roda empat dalam rangka menghadapi bencana banjir yang bila terjadi di wilayah Kodim 0426/Tulang Bawang dan Jajaran.

Dalam menghadapi bencana banjir Kodim 0426/Tulang Bawang bersinergi dengan Polri dan BPBD, seperti saat ini, jum’at (19/1/2024) telah terjadi banjir musiman di Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji.

Kodim 0426/Tulang Bawang, dalam hal ini Koramil 426-01/Simpang Pematang, bekerja sama dengan Polres Mesuji dan BPBD Kabupaten Mesuji dan bersinergi membantu masyarakat Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji yang terdampak banjir.

Danramil 426-01/Simpang Pematang, Mayor Inf Sutoto, dalam keterangannya menyampaikan, pihaknya akan bersinergi dengan BPBD Mesuji serta Polri setempat, dan berupaya memberikan pertolongan sekaligus memberikan rasa aman bagi warga yang terdampak banjir.

“Bersama BPBD kami bersiaga memberikan pertolongan dan memberikan bantuan bagi warga yang terdampak banjir, alhamdulilah dalam musibah banjir ini tidak ada korban jiwa yang dikarenakan hanyut atau tenggelam,” jelas Sutoto.

Lebih lanjut Sutoto juga menyampaikan, dalam bencana banjir kali ini, ada 26 rumah warga yang terendam banjir, dengan ketinggian air mulai dari 30 sampai 50 cm.

” Kondisi air akan mengalami penyusutan bila debit hujan sudah mulai berkurang, perlu kami sampaikan masyarakat yang terdampak banjir, ada sebagian yang mengungsi ke rumah keluarganya yang jauh dari lokasi banjir dan ada juga yang memilih tetap tinggal di kediaman mereka, dan kami bersama aparat lainnya tetap bersiaga dilokasi, hingga banjir surut,” pungkasnya.

Di tempat terpisah Komandan Kodim 0426/Tulang Bawang Letkol Inf Triano Iqbal, S.I.P., M.Si, menjelaskan banjir yang terjadi di Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji adalah banjir musiman.

“ Apabila curah hujan tinggi dan air laut pasang, pasti terjadi banjir, sehingga warga yang berada dekat lokasi telah mengantisipasinya, air akan kembali kering jika hujan berhenti, lokasi yang terdampak akan kembali kering “

“ Walaupun demikian anggota Koramil 426-01/Simpang Pematang bersama aparat Polri dan BPBD Kabupaten Mesuji, terus berupaya untuk membantu kesulitan warga yang terkena dampak Banjir “ tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan